BAGAIMANA CARA MENGATASI KERUTAN DI BAWAH MATA?

27 December 2018 BAGAIMANA CARA MENGATASI KERUTAN DI BAWAH MATA?

Cara mengatasi kerutan bawah mata yang benar sebaiknya harus dimulai dengan cara mengetahui penyebab dari munculnya kerutan tersebut. Banyak faktor yang mempengaruhi munculnya kerutan di wajah khususnya di bawah mata.

Sebagian dari faktor risiko munculnya keriput sebenarnya dapat kita kontrol, misalnya paparan sinar ultraviolet berlebihan saat beraktivitas di luar ruangan, ekspresi wajah yang sering berulang-ulang, atau merokok. Sedangkan faktor risiko yang tidak dapat dikontrol yaitu genetik dan usia atau penuaan.

 

Penyebab Kerutan Muncul di Bawah Mata

Banyak yang memprediksi kalau rokok menjadi penyebab munculnya kerutan di wajah yang paling cepat. Hal ini dimungkinkan karena di dalam rokok terdapat zat racun yang dapat merusak kulit langsung dan suplai darah ke kulit dikurangi karenanya. Selain itu dampak polusi juga terlihat mempunyai efek yang mirip pada kulit. Selain merokok dan polusi, ekspresi wajah berlebihan juga dapat menyebabkan munculnya garis halus dan kerutan di wajah, seperti menyipitkan mata dan lainnya.

Paparan sinar ultraviolet juga membuat pecahnya jaringan kulit seperti serat elastin dan kolagen. Tanpa kedua jaringan tersebut, kulit menjadi hilang tingkat elastisitasnya sehingga menyebabkan kerutan. Lalu, usia juga menjadi penyebab alami timbulnya kerutan karena menurunnya produksi minyak kulit dan jaringan ikat.

 

Cara Mengatasi Kerutan dengan Obat-Obatan

Salah satu cara untuk mengatasi kerutan yang berada di sekitar mata adalah menggunakan cream mata. Sebagian produk cream mata terkandung bahan anti-penuaan yang halus dan lembut saat digunakan di kulit. Biasanya, konsentrasi bahan di dalamnya lebih rendah dibandingkan untuk area tubuh yang lain, mengingat kulit di sekitar area mata lebih tipis dan halus.

Komposisi bahan yang biasanya ada di dalam cream mata adalah peptida, retinoid, asam hialuronat, vitamin C, dan galactomyces. Salah satu produk cream mata yang mengandung sejumlah bahan-bahan tersebut yaitu PureHeals Galactomyces 80 Contouring Eye Cream. Cream mata yang dapat mengatasi keriput pada kulit mata dan dapat melembapkan dengan intensif supaya kulit menjadi lebih halus, sehat, dan cerah. Bahkan cream mata dari PureHeals ini juga dapat digunakan untuk mengatasi garis senyum dan garis halus pada leher.

 

Mengatasi Kerutan di Bawah Mata Memakai Prosedur Kosmetik

Ada beberapa cara untuk mengatasi kerutan di bawah mata dengan cepat, salah satunya adalah dengan menggunakan suntikan botulinum toxin atau sering dikenal dengan sebutan suntik botoks. Jika dipakai dalam dosis tepat, suntikan ini bisa melemaskan otot-otot penyebab kerutan dan keriput di kulit.

Cara lain yang bisa Anda gunakan sebagai cara untuk menghilangkan kerutan adalah dengan chemical peels. Metode ini bertujuan untuk membuang sel-sel kulit mati memakai bahan kimia. Sel baru yang akan muncul akan membentuk sebuah lapisan kulit baru yang lebih lembut dan halus.

Kemudian, masih ada cara lain untuk menghilangkan kerutan bawah mata, yaitu menggunakan laser. Penggunaan laser dapat merangsang tumbuhnya kolagen dan serat kulit baru yang lebih halus dan kencang. Microdermabrasi dan dermabrasi juga dapat dipakai sebagai metode penghilang kerutan, bahkan proses ini terbilang sederhana.

 

Menghilangkan Kerutan Bawah Mata dengan Cara Alami


Selain kedua cara menghilangkan kerutan yang sudah dijelaskan di atas, Anda juga dapat mengurangi kerutan bawah mata dengan cara alami. Mulai dari menghindari rokok, menghindari paparan sinar matahari, mengatur posisi tidur, istirahat cukup, sampai mengonsumsi makanan dengan nutrisi tinggi.

Namun, perlu Anda ingat bahwa kerutan yang muncul di kulit wajah akibat penuaan pada dasarnya adalah hal yang lumrah akan terjadi sebagai proses alami penuaan.