BEDANYA EXFOLIATING TONER DAN HYDRATING TONER APA SIH?

18 December 2018 BEDANYA EXFOLIATING TONER DAN HYDRATING TONER APA SIH?

Kamu tentunya sudah mengetahui bahwa toner sangat bermanfaat untuk kulit wajah. Selain berguna untuk membersihkan, toner juga dapat mencerahkan wajah. Exfoliating toner dan hydrating toner adalah dua jenis toner yang saat ini dikenal. Namun, kedua jenis toner tersebut mempunyai fungsi yang berbeda, sudah tahu? Lalu, apakah bisa melakukan double tone atau memakai dua jenis toner yang berbeda? Yuk, cari tahu di sini.

1. Exfoliating Toner

Exfoliating toner adalah produk perawatan kulit yang pertama kali digunakan setelah membersihkan wajah. Gunanya untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori yang tersumbat supaya wajahmu tetap bersih dan cerah.

Exfoliating toner ini biasanya mengandung AHA (Alpha Hydroxy Acids), PHA (Poly Hydroxy Acid), dan BHA (Beta Hydroxy Acids). Namun, kandungan acid di dalam exfoliating toner bisa menimbulkan reaksi kulit yang berbeda-beda setiap orang, maka dari itu kenali terlebih dahulu jenis kulit yang kamu miliki.

Biasanya, dalam mengaplikasikan exfoliating toner, kamu sebaiknya memberikan jeda waktu bagi kulit untuk bisa beradaptasi. Apalagi kamu baru pertama kali menggunakan exfoliating toner. Kamu sebaiknya pakai satu kali dalam seminggu terlebih dahulu. Setelah itu, kamu bisa menambahkan frekuensi menjadi dua kali seminggu. Lanjut menjadi 2 hari sekali dan barulah digunakan sesuai dengan petunjuk.

 

2. hydrating Toner

 

Kulit akan terasa lebih kering setelah mencuci wajah. Maka dari itu, kamu membutuhkan hydrating toner. Hydrating toner mempunyai manfaat untuk dapat menghidrasi kulit dan menyeimbangkan ph. Hydrating toner biasanya lebih mudah ditemukan. Kandungan yang terdapat di dalamnya berupa hyaluronic acid, sodium PCA, dan glycerin.

Bagi pemilik kulit berminyak yang biasanya takut clogged pores akibat pelembap yang dipakai terlalu rich, maka hydrating toner bisa kamu gunakan sebagai pengganti moisturizer. Formulanya lebih ringan, rata-rata berbahan dasar air (water-based), namun tetap efektif melembapkan.

Cara termudah dalam memilih hydrating toner adalah mencari produk yang tertera kata moisturizing, soothing, hydrating, atau calming. Tidak lupa untuk selalu mengecek kandungan lain yang ada di dalamnya. Jika mengandung bahan-bahan yang bisa melembapkan seperti sodium PCA, gliserin, aloe vera, hyaluronic acid, rosewater, atau chamomile, maka kamu harus memiliki produk hydrating toner tersebut, salah satu produk toner yang bisa kamu coba adalah PureHeals Centella Reviving Toner.

3. Apakah Kamu Butuh Keduanya?

Ya, karena memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda, tentunya kamu membutuhkan keduanya. Jika exfoliating toner berguna untuk mengangkat sel kulit mati, pastinya kamu membutuhkan hydrating toner untuk melembapkan kulit.

 

Tetapi yang terpenting adalah kamu harus menyesuaikannya terhadap jenis kulit yang dimiliki. Mencari produk perawatan kulit wajah yang sesuai, khususnya toner memang gampang-gampang susah, ibarat mencari jodoh. Jadi cocokkan terlebih dahulu dengan jenis kulitmu dan aktivitas yang kamu lakukan setiap harinya ya.