MENGANGKAT SEL-SEL KULIT MATI DENGAN BAHAN ALAMI, WAJAH MENJADI LEBIH BERSIH

17 December 2018 MENGANGKAT SEL-SEL KULIT MATI DENGAN BAHAN ALAMI, WAJAH MENJADI LEBIH BERSIH

Proses pengangkatan sel-sel kulit mati harus dilakukan dengan rutin. Tujuan utamanya adalah membantu kulit beregenerasi agar  kulit menjadi lebih bersih dan bebas kusam. Selain itu, dengan membersihkan sel-sel kulit mati pada wajahmu secara rutin, maka masalah kulit seperti komedo dan jerawat serta pigmentasi atau bekas jerawat bisa cepat diatasi.

Untuk membersihkan dan mengangkat sel-sel kulit mati, kita bisa memakai bahan-bahan alami sebagai masker wajah yang tidak menimbulkan efek samping, seperti bahan-bahan di bawah ini;

1. Madu & Gula

Kandungan asam glikolat di dalam gula dapat membuat kulit tetap halus walaupun kamu melakukan eksfoliasi kulit. Maka dari itu, gula menjadi bahan terbaik kalau ingin sebagai masker wajah. Sedangkan di dalam madu, terdapat banyak nutrisi penting. Kandungan antioksidannya sangat baik untuk meremajakan kulit wajah. Madu sangat efektif untuk mengangkat sel-sel kulit mati, melembapkan dan mencerahkan kulit, sampai menghilangkan komedo.

Untuk menggunakan kedua bahan masker alami tersebut, caranya mudah, campurkan 1 sdm madu dan 1 sdm gula pasir. Aduk sampai rata. Setelah itu, aplikasikan ke kulit wajah sambil dipijat dengan lembut. Diamkan selama kurang lebih selama lima menit, barulah bilas menggunakan air hangat suam-suam kuku.

2. Minyak Kelapa & Brown Sugar

Minyak kelapa dapat berfungsi sebagai masker exfoliator alami untuk bisa mengelupaskan sel-sel kulit mati, seperti gula dan madu. Minyak kelapa efektif mengikis kulit mati dan mengangkat kotoran penghambat pori-pori tanpa menyebabkan iritasi. Sedangkan brown sugar atau gula tetes tebu dapat membuat kulit lebih lembut dan menyamarkan bekas noda.

Campurkan 1 sdm minyak kelapa dan 1 sdm gula tetes tebu (brown sugar). Gosokkan pada kulit secara lembut, kemudian diamkan sekitar 10-15 menit. Kemudian, bilas menggunakan air dingin.

 

3. Bubuk Kopi

Tekstur bubuk kopi yang kasar bisa menjadi bahan masker alami untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Kandungan asam di dalam kopi bisa menambah produksi kolagen bagi kulit.

Ambil 2-3 sdm bubuk kopi, campurkan dengan 1 sdm minyak kelapa dan air secukupnya. Gosokkan perlahan pada kulit wajah selama kurang lebih 3-4 menit. Bilas dengan menggunakan air bersih.

4. Cuka Apel

Kandungan alpha hidroxy acid di dalam cuka apel bisa membantu pengelupasan permukaan kulit wajah dari tumpukan sel-sel kulit mati. Selain itu, cuka apel juga dapat merangsang sel-sel kulit sehat yang baru untuk tumbuh. Kandungan acetic acid di dalam cuka apel juga mampu melembutkan kulit wajah.

Penggunaannya bahan alami ini sebagai masker cukup mudah. Tinggal melarutkan 1 sdt cuka apel dengan air secukupnya. Pakai kapas untuk menggosokkan larutan ke kulit wajah. Setelah itu diamkan sekitar 10-15 menit. Bilas wajah dengan air dingin.

Kamu bisa melakukan masker eksfoliasi sekali sampai dua kali dalam seminggu. Tidak perlu setiap hari, tetapi jangan sampai kamu tidak melakukannya sama sekali ya. Untuk hasilnya, tergantung dari kondisi kulit serta permasalahan kulit yang kamu alami. Semoga bermanfaat.