APAKAH PENGGUNAAN MASKER WAJAH SETIAP HARI MENJADIKAN KULIT LEBIH MULUS?

16 January 2019 APAKAH PENGGUNAAN MASKER WAJAH SETIAP HARI MENJADIKAN KULIT LEBIH MULUS?

 Masker wajah mungkin menjadi salah satu produk skin care yang kamu sukai. Pasalnya, seringkali masker menjanjikan kulit menjadi lebih halus, mulus, dan bersih. Banyak orang, bahkan termasuk pria, rutin menggunakan masker wajah karena saking menjanjikannya. Bahkan tidak jarang ada yang memakainya setiap hari. Namun, apa dampaknya bagi kesehatan wajah?

 

Apa efeknya memakai masker wajah setiap hari?

Menurut penjelasan asisten profesor dermatologi di Rumah Sakit Cornell Weill, New York yaitu Dr. Marie Nussbaum, masker wajah mempunyai sejuta manfaat untuk bisa mengatasi segala macam permasalahan kulit, seperti kulit kemerahan, kulit kering, sampai jerawat membandel. Tidak hanya itu saja, masker juga bisa membantu untuk membuat wajah tetap lembap, mengangkat kotoran minyak dan sisa makeup, dan mampu mengecilkan pori-pori.

Menurut Kardiana Purnama Dewi selaku dokter kecantikan menyebutkan bahwa fungsi utama pemakaian masker pada wajah adalah untuk membuat kadar air pada wajah bertambah dan bisa menyerap minyak berlebih. Namun, menggunakan masker wajah yang terlalu lama justru dapat memberikan efek sebaliknya, yang membuat hilangnya kelembapan alami pada wajah.

Jika kita bisa rutin setiap hari menggunakan masker wajah, minyak akan diserap olehnya secara terus-menerus, bahkan minyak alami pada wajah pun ikut terserap. Apalagi jika ­kamu memiliki permasalahan kulit kering, menggunakan masker wajah setiap hari justru dapat membuat kulit wajah semakin mengering.

 

Bukan menjadi lembut, memakai masker setiap hari justru kulit semakin kering

Faktanya adalah masih banyak yang salah kaprah, menganggap khasiat dari masker wajah akan lebih maksimal bekerja ketika digunakan dalam waktu lama sampai berjam-jam, bahkan semalaman.

Alih-alih kamu ingin mengembalikan kelembapan kulit, malah akan membuat kulit sehat Anda mejadi semakin kering dikarenakan terlalu lama kulit bersentuhan dengan udara yang bercampur masker.

Pada dasarnya, pemakaian dan jenis masker wajah yang digunakan tergantung dari tipe kulit yang kamu miliki. Contohnya, kamu berkulit kombinasi yang pada bagian T-zone lebih berminyak dan kering di area pipi.

Masalah seperti ini bisa diredakan memakai masker tanah liat (clay mask), sleeping mask, atau masker berbentuk lembaran (sheet mask). Tetapi ketiga jenis masker tersebut tentunya tidak untuk digunakan setiap hari secara rutin, ikutilah aturan yang ada pada label produk.

 

Catat waktu terbaik untuk memakai masker wajah

Masker wajah paling baik digunakan 2 sampai 3 kali dalam seminggu dengan durasi pemakaian sekitar 20 menit saja. Hal ini berguna untuk memberi kesempatan bagi kulit supaya dapat bernapas serta menjaga keseimbangan minyak alami wajah agar tidak berlebihan dan terlalu kering.

Sebelum memakai masker wajah, selalu pastikan untuk membaca terlebih dahulu kandungan pada label produknya. Jika kamu menemukan kandungan alkohol pada produk masker wajah yang kamu beli, maka sebaiknya untuk tidak digunakan dan pindah ke produk lainnya.

Pasalnya, alkohol bisa membuat kulit menjadi terasa lebih kering. Selain itu, pada waktu bersamaan, kulit wajah juga akan memproduksi banyak minyak untuk membuat kadar minyak lebih seimbang. Alhasil, kulit kamu malah berminyak dan kering sekaligus pada waktu bersamaan.

Walaupun kamu mau mengikuti jejak para artis yang memakai masker wajah setiap hari, perlu diingat kalau jenis kulit dan rutinitas kamu berbeda. Artinya, efek memakai masker setiap hari untuk wajah tidak menjadi jaminan untuk kamu.

Jadi, gunakan masker wajah cukup 2 sampai 3 kali saja dalam satu minggu, disesuaikan dengan kebutuhan kulit masing-masing. Selain itu konsumsi air putih dan tidur malam yang cukup. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan kulit wajah yang sehat, cerah, dan bersinar sepanjang hari.