PENTINGKAH PENGGUNAAN "TONER" DALAM PERAWATAN KULIT WAJAH HARIAN?

18 January 2019 PENTINGKAH PENGGUNAAN "TONER" DALAM PERAWATAN KULIT WAJAH HARIAN?

Produk perawatan kulit yang beredar di pasaran umumnya terdapat toner (penyegar). Toner wajah ini biasanya digunakan setelah pemakaian pembersih wajah. Produk pembersih wajah sudah punya fungsi yang pasti, tetapi toner wajah tidak terlalu terlihat manfaatnya. Apakah penting penggunaannya?

Jika Anda pernah mamakai toner setelah pembersih wajah, pasti akan merasakan dan tahu sensasi setelahnya. Sebagian ada yang mengaku kulitnya menjadi lebih terasa kesat dan sebagian lagi mengatakan menjadi kering, dan sebagainya. Pada intinya akan membuat kulit lebih bersih. Setelah wajah dibersihkan, banyak yang mengira kulit sudah bersih dan bisa langsung mengaplikasikan pelembap, tanpa memakai toner wajah. Ternyata, asumsi seperti itu tidak benar untuk masalah kecantikan wajah.

Menurut penuturan Dawna Sanderon, seorang Franchise Training Manager The Body Shop Asia Tenggara ketika berkunjung ke Indonesia, mengatakan bahwa toner wajah adalah serangkaian produk perawatan kulit wajah yang seharusnya tidak dihindari.

Sanderson lanjut menjelaskan bahwa toner wajah sangat penting untuk bisa mengangkat sisa pembersih, sel-sel kulit mati, sia makeup, dan debu yang masih tersisa dan tidak berhasil diangkat oleh pembersih wajah. Fungsi toner wajah mirip pembilasan saat kita mencuci baju. Setelah mencuci baju, tentu harus dibilas, kan?.

Sementara itu, menurut dr Hadley King, seorang dermatolog yang berbasis di New York, AS, dikutip dari iVillage yang mengatakan kalau toner wajah merupakan produk perawatan penting dan sangat membantu masalah kecantikan kulit wajah yang cenderung berminyak dan berjerawat, atau untuk mereka yang tetap ingin kulit lebih bersih setelah penggunaan makeup yang tebal atau tabir surya yang cukup pekat.

Tidak hanya itu, dr King menjelaskan ada 6 manfaat penting dari pemakaian toner wajah untuk perawatan harianmu:

 

Membantu mengecilkan pori-pori

Tuangkan toner wajah pada kapas, sapukan perlahan di wajah yang sudah dibersihkan. Anda bisa melihat tampilan pori-pori yang sedikit mengecil.

 

Membantu mengembalikan keseimbangan pH kulit wajah

Kulit wajah manusia pada dasarnya mengandung asam, dengan keseimbangan pH antara 5-6. Setelah wajah dibersihkan, khususnya pembersih yang sifatnya alkalin, maka membuat keseimbangan pH sedikit terganggu. Kalau terus dibiarkan terjadi, kulit harus berproses menyeimbangkannya kembali dan dapat mengakibatkan minyak yang menumpuk. Solusinya adalah memakai toner wajah supaya mempercepat penyeimbangan pH tadi.

 

Memberikan lapisan pelindung

Toner wajah dapat membantu membersihkan pori-pori dan mengencangkan ruang pada sel-sel yang sudah dibersihkan. Hal ini dapat membantu mengurangi tingkat penetrasi kontaminan yang berasal dari lingkungan sekitar ke dalam kulit. Bahkan dapat membantu melindungi kulit serta mengurangi kadar klorin di dalam air keran.

Melembapkan

Beberapa produk toner wajah mempunyai fungsi sebagai humectant, artinya bisa membantu mengikat kelembapan pada lapisan atas kulit.

 

Menyegarkan kulit

Pada kondisi terdesak dan buru-buru untuk mengangkat kotoran dan minyak pada wajah, toner wajah dapat diandalkan sebagai pembersih sementara. Toner wajah dapat membantu menyegarkan wajah menjadi lebih segar dalam sekejap.